Memulai Belajar Pemrograman dengan tidak punya apa-apa

Memulai Belajar Pemrograman dengan tidak punya apa-apa

📅️ Published:

🔄 Updated:

🕔 3 min read ∙ 569 words

Apa itu pemrogaaman? #

Mungkin kita sering mendenger istilah Pemrograman ataupun Koding dari berbagai sumber baik teman ataupun sosial media. Pemrograman atau biasa disebut dengan coding yaitu sebuah proses membuat sebuah software atau aplikasi yang bertujuan atau dengan harap software tersebut bisa berguna untuk semua orang, syukur-syukur bisa mendapatkan profit dari software tersebut. Dan biasanya seseorang yang melakukan pemrograman atau coding disebut Programmer, Developer, Coder, etc.

Belajar pemrograman/coding wajib laptop atau komputer? #

Bagi saya itu adalah mitos karena hal utama yang harus dimiliki sebagai calon programmer adalah sebuah niat yang sungguh-sungguh, walapun punya sebuah fasilitas tapi tanpa disertai sebuah niat yang sungguh-sungguh sebuah cita-cita akan sirna. Tapi sebaliknya jika kita mempunyai sebuah niat yang benar dan ingin mencapai sesuatu tanpa ataupun belum punya fasilitas tapi kita percaya akan bisa dan berhasil maka insyaallah akan diberi jalan kepada Allah SWT dan juga jangan sampai lupa kita selalu meminta doa dan berdoa kepada Tuhan dan Orang tua karena kedua tersebut bagi saya salah satu faktor terbesar penentu apakah kita akan berhasil atau tidak.

Gambar Kembali ke Allah dalam segala hal

Cuma sekedar mengingatkan bila kita sedang kesusahan maka ingatlah kepada Tuhan dan jika sudah sukses dan berhasil jangan sampai sombong dan melupakan Tuhan kita, karena tanpa Tuhan, kita ini tidak berarti dan tidak akan sukses.

Terus Bagaimana yang harus dilakukan untuk memulai? #

1. Niat. #

Sebelumnya sudah dibahas tentang niat, karena segala sesuatu itu berdasarkan niat jika niat pertama kita jelek maka akan memperoleh hasilnya pun jelek, sebaliknya jika niatnya bagus perolehan hasilnya pun juga bagus. Oleh karena itu bila ingin memulai pertama kali kita harus didasari dengan niat yang benar.

2. Bersungguh-Sungguh #

Bersungguh-sungguh ini merupakan kelanjutan dari niat dimana niat tanpa diserta dengan sungguh-sungguh untuk mencapai suatu tujuan tiada berarti. Sungguh-sungguh ini faktor penentu dari diri kita sendiri bila kita ini mau sukses maka kita sungguh-sungguh dalam mencapai suatu tujuan tersebut.

3. Berusaha #

Ketiga yaitu berusaha, berusaha yaitu setelah sungguh-sungguh. Misal gini kita mempunyai cita-cita ingin jadi dokter atau profesi lainya, terus kita sudah mempunyai niat ingin jadi dokter, dan saya juga sudah bersungguh-sungguh untuk mencapai cita-cita tersebut, maka langkah selanjutnya saya harus berusaha untuk mencapai cita-cita tersebut, semisal kita berusaha untuk mencari beasiswa, atau baca-baca buku, dll. Berusaha ini bukan berarti cuma berusaha secara langsung tapi penting juga berusaha untuk berdo’a kepada Tuhan kalau perlu minta do’a kepada orang tua karena do’a itu sangat penting sekali dalam meraih sebuah cita-cita selain berusaha secara langsung.

4. Manfaatin Fasilitas Sekitar #

Manfaatin fasilitas sekitar ini maksudnya bukan punya orang atau fasilitas umum kita ambil alih, tapi maksud saya ini manfaatin fasilitas sekitar yaitu manfaatin fasilitas yang sudah ada walaupun kurang bagus, misal kalau kita masih disekolah ada komputer maka manfaatin komputer tersebut sebaik mungkin, dan jika di perpustakaan ada sebuah buku maka bacalah dengan benar dan manfaatin sebaik mungkin, atau mungkin juga kalau kita mempunyai saudara mempunyai sebuah fasilitas yang kita butuhkan yang kita belum mampu maka tanya kan untuk meminjam sebagai bahan pembelajaran tersebut.

Itu semua adalah point-point untuk berhasil meraih sesuatu cita-cita, bila artikel ini bermanfaat buat Anda Saya merasa bangga bisa membuat Anda sedikit lebih baik, tapi sebaliknya jika tidak tolong komentar koreksi terhadap saya, apa yang salah dari saya karena manusia itu tempatnya kesalahan. Semua ini hanya menurut saya pribadi yang bisa saya bagi untuk Anda dan ini bisa disebut juga sebagai pengalaman saya pribadi, jadi bila ada kesalahan mohon maaf saya buat artikel ini tidak ada acuan dari manapun.


Terdapat kesalahan penulisan, typo, ataupun juga kurang sesuai dalam penulisan, bantu Saya Edit on Github.


💬 Comment: